Sejarah

Di era persaingan bisnis global mendatang, perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional, serta instansi pemerintah akan banyak membutuhkan lulusan-lulusan berkualitas yang kompeten dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta menguasai bahasa asing. Lulusan-lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing hanya dapat dihasilkan oleh perguruan tinggi yang berkualitas.  Sehubungan dengan hal tersebut Stikes Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana Kesdam VII/Wirabuana , memiliki agenda besar untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik dan seperangkat kompetensi yang profesional sehingga sanggup bersaing di era globalisasi, khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Stikes Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana Kesdam VII/Wirabuana

Pembangunan di bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas guna mewujudkan masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi, serta sebagai sarana untuk mengembangkan diri baik aspek jasmani maupun rohani. Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.  Dengan diberlakukannya otonomi daerah, maka keberadaan Perguruan Tinggi khususnya Stikes Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana Kesdam VII/Wirabuana, harus mampu berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang sebagai bagian dari pembangunan nasional. Disamping itu, berdirinya  Sekolah Tinggi  Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar dilandasi pemikiran sebagai berikut:

  1. Mendidik mahasiswa menjadi manusia yang professional, berintegritas, bertanggungjawab, kreatif, kritis,mandiri dan kompeten dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesehatan, serta pengembangan manajemen bencana.
  2. Melaksanakan tridarma perguruan tinggi secara konsisten bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan
  3. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat (civil society) nasional maupun internasional
  4. Mengembangkan kemitraan dan jejaring kerjasama bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan serta bagi penyerapan lulusan.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelamonia  Makassar berdiri pada tanggal 16 September 2014 dengan izin operasional SK Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No.409/E/O/2014  dengan alamat kampus  Jl. Garuda No.3 AD Aspek legalitas pendirian   Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelamonia  Makassar  adalah berdasarkan:

  1. Pancasila dan UUD 1945
  2. Undang-Undang No. 24 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan
  3. No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
  4. SK Menteri Pendidikan Nasional No. 409/E/O/2014 tentang ijin penyelenggaraan dan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar
  5. Peraturan pemerintah No 17 Tahun 2010 tentang penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan.

 

Berdasarkan    Bentuk        perguruan  tinggi,  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelamonia  Makassar adalah sekolah tinggi  yang menyelenggarakan  program  pendidikan  professional dalam satu cabang ilmu pengetahuan yaitu Program studi S1 Administrasi Rumah dengan Sebutan Sarjana Administrasi Rumah Sakit (S.ARS) dan Diploma III Farmasi, dengan sebutan profesional Ahli Madya Farmasi (A.Md.Farm) Nama Perguruan Tinggi adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar dengan singkatan Stikes Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana Penyelenggara STIKES Pelamonia adalah Yayasan Wahana Bhakti  Karya Husada Makassar.

© 2018 | STIKES PELAMONIA.