Stikes Pelamonia Terapkan Pendidikan Anti Korupsi untuk Mahasiswa

Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelamonia Kesdam VII Wirabuana memasukan Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam daftar mata kuliah wajib di sistem pendidikannya. Agar menekan perilaku-perilaku tindak korupsi sejak dalam kampus.

“Indonesia berada di urutan ke tujuh di Asia yang tingkat korupsinya tinggi. Sehingga pemerintah berupaya untuk menekan. Nah, upaya pemerintah itu salah satunya melalui jalur pendidikan formal,” kata Wakil Ketua II Bidang Administrasi dan Keuangan, Agung Kurniawan kepada Rakyatku.com, kemarin.

Dia menjelaskan, PAK bersifat pembekalan untuk mengubah pola pikir dan perilaku mahasiswa. Agar nantinya setelah bekerja, tidak melakukan tindakan-tindakan korupsi.

“Kurikulum intinya mengarahkan pada bagaimana mengubah pola pikir dan perilaku mahasiswa supaya dapat memahami hal-hal tentang korupsi. Kemudian bagaimana mahasiswa itu mampu menjadi agent of change di masyarakat sehingga masyarakat mengerti,” jelasnya.

Di beberapa perguruan tinggi, PAK dijadikan mata kuliah wajib. Namun ada juga yang menjadikannya mata kuliah pilihan.

“Walaupun hanya merupakan kurikulum tambahan, Pendidikan Anti Korupsi sudah menjadi mata kuliah wajib di Stikes Pelamonia yang harus diterima mahasiswa di semester satu dan semester lanjutan,” tambahnya.

 

January 22, 2018

0 responses on "Stikes Pelamonia Terapkan Pendidikan Anti Korupsi untuk Mahasiswa"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 | STIKES PELAMONIA.